oleh

Lima Kontingen Pesparani Maluku Tiba di Kota Tual Malam ini dengan KM. Tidar

Tual, Kabarsulsel-indonesia.com – Sebanyak lima kontingen Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik keempat tingkat Provinsi Maluku resmi tiba di Kota Tual malam ini dengan KM Tidar, Kedatangan para kontingen perdana ini dengan menggunakan jalur perhubungan laut dan tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual Selasa, (20/9/2022) pukul 21:00 WIT.

Pantauan Kabarsulsel-indonesia.com, sesaat sebelum rombongan tiba di areal Pelabuhan Yosudarso Tual terdengar dentuman tifa disertai tarian sawat menyambut kedatangan kontingen yang baru saja tiba dengan KM. TIDAR. Kontingen pertama yang dahulu turun di Pelabuhan Tual kontingen dari Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), disusul kontingen dari Kabupten Buru Selatan (Bursel), kontingen Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), kontingen Kabupaten Buru dan kontingen Kota Ambon di perkirakan ratusan peserta dengan mengarungi laut Seram dan Laut Banda dengan Pelabuhan asal Ambon hingga tiba di Pelabuhan Yosudarso Tual dengan aman dan nyaman

Setibanya kontingen di pelabuhan Yosudarso Tual dapat di sambut dengan baik oleh Pemerintah Kota Tual dan sekaligus juga diawali dengan upacara penyambutan peserta kontingen dan sekaligus dengan acara ritual adat (Kei) oleh Dewan Adat Raja Tual.

Setibanya di Kota Tual, kontingen akan dilakukan pengawalan oleh koordinator perwakilan masing-masing kontingen dari lokasi pelabuhan dengan kendaraan langsung menuju ke lokasi atau tempat yang sudah di sediakan oleh panitia Pesparani untuk para kontingen dari Kota Ambon, yang akan dipimpin oleh Gani Sasole dengan mengawal seluruh kru kontingen sampai ke tempat tujuan.

Sementara itu, kontingen Seram Bagian Barat (SBB) akan dikawal oleh Abdurrahim Bugis, kemudian kontingen Maluku Tengah (Malteng) akan dikawal oleh Mahmud Fernat. Selanjutnya kontingen Kabupaten Buru akan dikawal langsung oleh Saffi Letsoin dan kontingen Buru Selatan (Bursel) akan dikawal oleh Ariadi,sambil di iring-iringan peserta kontingen untuk di antar menuju ke beberapa titik (lokasi) di Kota Tual. Seluruh kontingen akan dipatwal oleh kendaraan dengan posisi, Kontingen Malteng berada pada urutan paling depan, kemudian Kontingen Kota Ambon, dilanjutkan dengan kotingen SBB disusul kontingen Bursel dan Buru setelah itu disusul dengan kendaraan ambulans guna dapat mengantisipasi peserta kontingen yang sakit malam ini.

Pemerintah Daerah Kota Tual memberikan penyambutan yang sangat luar biasa terhadap kedatangan kelima kontingen dari beberapa kota-kab Provinsi Maluku dan turut serta hadir dalam penjemputan itu Ketua Umum (Ketum) Pesparani keempat tingkat Provinsi Maluku di Kota Tual Ahmad Yani Renuat yang juga selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tual bersama para Asisten, Kepala Kepelabuhanan, para OPD dan warga masyarakat Bumi Maren tercinta. “Pungkasnya”

(KSI_mlr01)

Komentar

Berita Lainnya