Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Resmi Dilantik Sebagai Kapolri

Nasional, NEWS661 views

KSI DKI Jakarta – Presiden Joko Widodo  resmi melantik Listyo Sigit Prabowo  menjadi Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri baru digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/21).

Upacara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) tentang Pengangkatan Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri.

Untuk diketahui, Listyo Sigit Prabowo diangkat melalui Keppres 7/Polri Tahun 2021, tentang Kenaikan Pangkat Dalam Golongan Perwira Tinggi Polri yang dibacakan Sekretaris Militer Marsda TNI M. Tony Harjono.

Calon Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjalani uji kelayakan dan kepatutan dengan Komisi III DPR setelah sebelumnya menyerahkan makalah berisi visi dan misi Sigit jika terpilih sebagai Kapolri.

Presiden Jokowi memandu langsung pembacaaan sumpah jabatan Kapolri untuk Listyo Sigit Prabowo :

“ Demi Tuhan Yang Maha Esa saya menyatakan dan berjanji sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi Tribrata,” kata Presiden Jokowi saat membacakan sumpah jabatan yang diikuti Sigit.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sebelumnya meloloskan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Persetujuan itu diambil dalam rapat paripurna DPR RI.

Polri mengatakan Listyo Sigit Prabowo akan melaksanakan upacara tradisi serah-terima panji Polri Tribrata di ruang Rupatama Mabes Polri setelah dilantik sebagai Kapolri di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) besok. Tradisi serah-terima panji menandakan serah-terima jabatan Kapolri yang lama ke yang baru.

“Itu kegiatannya ada penyerahan panji Polri Tribrata dari Kapolri lama ke yang baru. Pasca pelantikan di Istana. Itu kegiatan di internal sini,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada Selasa (26/1/21).

Usai upacara serah-terima panji Polri, lanjut Rusdi, akan dilanjutkan dengan serah-terima Bhayangkari dan Yayasan Kemala Bhayangkari. Ketua yang lama, yakni istri Jenderal Idham Azis, Fitri Idham Azis, akan menyerahkan posisi Ketua Bhayangkari kepada istri Komjen Sigit, Juliati Sapta Dewi Magdalena, selaku istri Kapolri baru.

Persetujuan Sigit Prabowo menjadi Kapolri diawali dengan pembacaan hasil fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan Komisi III DPR. Berdasarkan hasil fit and proper test, Komisi III menyetujui Komjen Sigit menjadi Kapolri.

Prosesi upacara pelantikan Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Penulis : Rik

Editor : Yen

 

Komentar