oleh

Jenderal Idham Aziz Serahkan Tongkat Kepemimpinan Kepada Jenderal Listyo

KSI DKI Jakarta – Hari ini, Rabu, 27 Januari 2021 pukul 13.00 WIB, telah dilaksanakan serah terima (Sertijab) Kapolri.

Dimana Kapolri sebelumnya Jenderal Idham Azis menyerah terimakan jabatannya selaku Kapolri, kepada Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Dari laporan reporter Kabarsulselindonesia.com, sertijab Kapolri ini digelar di Mabes Polri, Jakarta Selatan. Selain mengambil panji – panji Bhayangkara, Jenderal Idham juga menyerahkan Tongkat Kepemimpinan kepada Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam momen tersebut, tak hanya melaksanakan sertijab Kapolri saja, dari Fitri Idham Azis selaku istri Idham Azis, kepada Juliati Sigit Prabowo yakni istri Listyo Sigit. Diantaranya, serah terima jabatan sebagai Ketua Umum Bhayangkari, Ketua Pembina Yayasan Kemala Bhahangkari dan Ibu Asuh Polisi Wanita Republik Indonesia.

Sertijab yang dilakukan secara virtual ini dihadiri oleh seluruh pejabat tinggi di setiap Polda di seluruh Indonesia. Serta, dalam pelaksanaan sertijab tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Pelantikan Kapolri

Sebelumnya dihari yang sama, Presiden RI Joko Widodo resmi melantik Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun di Istana Negara Jakarta.

Ditayangkan dari Channel Youtube Sekretariat Presiden, awal pelantikan dengan pembacaan Keputusan Presiden (Kepres) RI Nomor 5 Polri Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian RI. Dan dilanjutkan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Jokowi.

 

” Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi Tribrata,” kata Presiden Jokowi diikuti Listyo Sigit Prabowo.

 

Kenaikan Pangkat

Kemudian, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara. Setelah itu, dibacakan Keputusan Presiden Nomor 7 Polri Tahun 2021 tentang Kenaikan Pangkat Dalam Golongan Perwira Tinggi Polri oleh Sekretaris Militer Presiden.

Dengan begitu, Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi Jenderal Polisi berbintang empat. Jokowi lalu menyematkan bintang keempat di pundak Listyo serta menyerahkan tongkat kepolisian.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula mantan Kapolri Jenderal Idham Azis. Pelantikan Kapolri menerapkan protokol kesehatan di mana semua tamu undangan memakai masker serta face shield dan menjaga jarak aman.

Reporter : Ray/Sar

Editor : Yen

Komentar

Berita Lainnya