oleh

Polantas Polres Wajo Menyapu Kerikil Dijalanan Demi Mengurangi Resiko Kecelakaan

KSI SULSEL-Wajo  –  Salah satu tugas polisi lalu lintas ialah mencegah dan meniadakan segala bentuk gangguan serta ancaman agar terjamin keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran lalu lintas di jalan umum.

Tugas polisi lalu lintas tersebut, benar-benar dilaksanakan salah satu polisi yang sedang bertugas di Jl. Beringin Sengkang Kec. Tempe, Kab. Wajo, Kamis (04/2/2021).

Tidak hanya melakukan penertiban lalu lintas, anggota polisi ini sampai menyapu sendiri jalanan untuk memastikan keselamatan pengendara di jalan raya.

Seperti yang dilakukan personil lalulintas sejumlah anggota Satlantas itu menyapu pasir yang berserakan di jalan. Karena jika dibiarkan maka bisa membuat pengendara sepeda motor tergelincir sehingga mengalami kecelakaan.

Kasat Lantas Polres Wajo, AKP Muh. Yusuf mengatakan adanya pasir di tengah jalan beraspal ini dapat menimbulkan gesekan dan menyebabkan selip ban kendaraan, terutama sepeda motor. Bahayanya lagi, pasir dapat membuat pengendara terjatuh dan memicu kecelakaan.

” Untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas, akibat kondisi jalan yang berpasir maka kita anggota berinisiatif untuk membersihkannya,” ujar AKP Yusuf.

Ia mengatakan, pasir, tanah dan kerikil dapat membuat daya cengkram ban kendaraan saat melaju menjadi tidak berfungsi sering terjadi slip.

“Kecelakaan di jalan raya bukan hanya karena human error saja, akan tetapi keberadaan pasir dan tanah yang seperti ini berada di badan jalan juga bisa jadi penyebabnya,” sebutnya.

Untuk itu, sambungya sebelum kejadian personil Satlantas sudah mengantisipasi hal tersebut.

AKP Yusuf mengimbau kepada pengguna jalan terutama yang menggunakan sepeda motor agar berhati-hati di jalan yang terdapat pasir. Kemudian tidak memacu kendaraan dijalan berpasir sebab bisa berbahaya bagi pengguna.

(Sumber : Humas Polres Wajo)

Komentar

Berita Lainnya