oleh

Pembangunan Terminal Sandai Harus Difungsikan Lagi

KSI KALIMANTAN BARAT –  Masyarakat Desa Istana Kecamatan Sandai mempertanyakan sekaligus kecewa dengan pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang. Pasalnya, pemerintah Daerah membuat plening terminal yang di duga tidak jelas azaz manfaatnya alias asal tempat yang penting ada pihak siap menyerahkan lahan, di bangun terus ditinggal tampa ada kejelasan yang pasti.

Kepala Desa Istana menyampaikan kepada wartawan media KSI di ruang kerjanya bahwa adanya terminal yang di banguan di wilayah saya tapi tidak di fungsikan, namun adanya muncul terminal darurat yang berlokasi di persimpangan Jalan Simpang Empat Protokol Sandai, Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang, Propinsi Kalimantan Barat.

 

“Akibat terminal yang di bangun di Sandai sudah tidak difungsikan maka dari itu, diminta kepada pemerintah daerah khususnya Kabupaten Ketapang agar melakukan penertiban terminal yang tidak jelas statusnya,” kata Kasto sebagai Kepala Desa Istana

 

Tak hanya itu, Kasto juga minta pemda Kab. Ketapang untuk mencarikan solusi dan mengembalikan fungsi seperti semula terminal yang ada melihat perkembangan perekonomian Kecamatan Sandai.

“Wilayah Kab. Ketapang mulai berkembang dan kalau dibiarkan terus menerus karena ini sangat merugikan daerah terutama wilayah Desa Istana,” ujar Kasto.

Hal ini kalau dilihat dari sudut pandang perekonomian Desa, Kasto pun menyapaikan di masa pandemi covid 19  harus pandai pandai untuk mencari peluang penambahan ekonomi untuk pendapatan Desa karena sesuai amat pemerintah yang disampaikan oleh Presidan Repoblik Indonesia Joko widodo bahwa di tahun 2021 Anggaran dana desa harus di arahkan ke sektor perekonomian, pertanian dan bidang – bidang lain yang bersifat peningkatan Ekonomi Desa.

“Oleh sebab itu, setiap desa harus mencari cara untuk peningkatan Ekonomi berupa, dengan membentuk Bomdes Desa dengan adanya Bomdes ini lah saya sebagai kepala desa istana merasa di pandang perlu memandang sektor sektor ekonomi Desa saya,” tegasnya

Dilain hal wartawan KSI melakukan konfirmasi ke Dinas Perhubungan Kabupaten Ketapang Propinsi Kalimantan Barat melalui Kepala UPT, Sarjio menyampaikan untuk hal ini kegiatan positif Desa kita mendukung dan kita coba pelajari kembali karena saya baru menjabat di bidang UPT ini.

“Kami mendukung kegiatan Desa, bersama UPT mari maju menbangun Desa bersama,” terangnya.

Secara terpisah, Dewan Pimpinan Daerah Laskar Anti Korupsi Indonesia (DPD LAKI) Propinsi Kalbar melalui anggota investigasi DPD Suparman menyapaikan Pembangunan Terminal yang di bangun oleh Dana Pemerintah Daerah mestinya di mafaatkan bukan dibiarkan begitu saja.

“Seyogyanya dana yang di anggarkan bisa bermafaat bagi masyarakat daerah khususnya masyarakat Sandai,” tandas Suparman.

Reporter : Sukardi

Editor : Yen

Komentar

Berita Lainnya