oleh

Pemerintah Desa Umbu Idanotae Salurkan BLT DD Pada Masyarakat Penerima Manfaat

KabarSulselIndonesia (Nias Selatan)

Pemerintah Desa Umbu Idanotae Kecamatan Idanotae Kabupaten Nias Selatan Sumatera Utara melakukan pembagian Penyaluran Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT DD) Yang bersumber dari APBN melalui dana desa (DD) tahun 2021 kepada masyarakat yang dilaksanakan di Kantor Desa Umbu Idanotae, pada hari Senin  08/11/2021  berlangsung dengan lancar dan kondusif.

Dalam pelaksanaan pembagian penyaluran bantuan BLT-DD tersebut didampingi Camat Idanotae Ohizatulo Telaumbanua S,pd. dan juga  Pendamping  PKH, PMD, LAD, LKD, LPM, Ketua dan anggota BPD, Tokoh masyarakat serta seluruh Aparat Desa Umbu Idanotae serta para penerima bantuan langsung tunai (BLT) insan Pers, dan undangan lainnya.

Kepala Desa  Umbu Idanotae Fauduatulo Tafonao S,pd. mengatakan bahwa Masyarakat yang menerima bantuan untuk tahun anggaran 2021 ini sebanyak tujuh  puluh tiga (73) Kepala keluarga (KK) sesuai validasi data dari Kementerian sosial baik data penerima PKH, BPNT, dan data BST, serta penetapan penerimaan manfaat melalui musyawarah desa.

Adapun jumlah dana yang dibagikan kepada setiap kepala keluarga (KK) penerima manfaat sebesar Rp 1,200,000 (satu juta dua ratus ribu rupiah dengan rincian untuk pembayaran selama empat  bulan berturut-turut yakni pembayaran dari bulan September, Oktober, November dan Desember yang mana penghitungan pembayarannya sebanyak tiga ratus ribu rupiah per bulan, tuturnya.

Lebih lanjut  Faudu (Kades) menyampaikan dalam prosesi pelaksanaan pembagian BLT DD ini khusus penerima manfaat yang sakit atau tidak dapat datang oleh karena tidak bisa berjalan, akan dikunjungi oleh aparat didampingi Pendamping Desa ke rumah yang menerima bantuan, kita harapkan kepada warga penerima manfaat kiranya untuk dapat dipergunakan dengan sebaik baiknya, jangan dipergunakan untuk minum-minuman Tuak Suling dan main judi, sebab di Desa kita ini sudah muncul ketayangan karena Judi ini dasar membuat kita hancur dalam keluarga, Ujar kades.

Lanjut, Apabila ada masyarakat yang keberatan tentang data penerima bantuan langsung tunai dana desa ini, agar kita bicarakan bersama supaya tidak menjadi kesalahpahaman di tengah-tengah Masyarakat, harapnya.

Selanjutnya   Kades Faudu mengatakan, dalam menghadapi Pandemi covid-19, Pemerintah Desa Umbu Idanotae telah membentuk Tim Gugus Tugas di desa ini, hingga kini masih melakukan berbagai aktivitas dengan tujuan untuk memutus mata rantai virus berbahaya tersebut.

Adapun aktivitas tim gugus tugas yang telah dibentuk di desa ini antara lain membangun posko, menyediakan peralatan tong air serta sabun untuk cuci tangan masyarakat maupun para tamu yang mengunjungi desa ini, penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan desa, di rumah warga, gereja sedenominasi desa ini serta fasilitas sosial lainnya.

Diharapkan kepada Masyarakat sekiranya waspada akan bahayanya Virus Corona, untuk itu jaga kesehatan, jangan panik, jaga jarak, memakai masker, hindari untuk tidak saling bersalaman, dan jaga kebersihan, dan mengimbau agar tidak mudik, serta mengikuti protokol dari Dinas Kesehatan, harapnya.

Pada kesempatan ini kata sambutan yang mewakili Penerima BLT A Asani Tafonao mengatakan,”Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Umbu Idanotae atas kepeduliannya terhadap warga yang tidak mampu yang layak menerima bantuan ini memastikan kami sebagai masyarakat  Penerima BLT akan memanfaatkan dan mempergunakanya dengan sebaik baiknya untuk memenuhi atau membeli kebutuhan pokok, apalagi di musim pandemi Covid-19 ini, kami warga sangat merasakan dampak dari Pandemi Virus tersebut, semoga Tuhan memberkati kita semua serta melenyapkan virus Corona di tanah air tercinta ini, ujar A Asani. Tafonao. (Alex)

Komentar

Berita Lainnya