oleh

Pemerintah Desa Silimabanua, GELAR Penyaluran STUNTING Kepada Penerima Manfaat

KabarSulselIndonesia (Nias Selatan)

Pemerintah Desa Silimabanua, kec.Somambawa, Kab.Nias Selatan, melaksanakan penyaluran STUNTING kepada masyarakatnya yang menerima manfaat. Kamis (05/11/2021)

Peduli Kekurangan gizi dan pertumbuhan Balita dan Lansia, Pemdes Silimabanua dengan semangat melaksanakan kembali penyaluran Stunting kepada Balita, Kurang gizi, Ibu hamil, Ibu menyusui dan Lansia, bersama seluruh perangkat Desa Silimabanua dan para kader kesehatan.

Dalam pelaksanaan Stunting tersebut, dilangsungkan dibalai pertemuan kantor Desa Silimabanua, dengan cara Sosialisasi Pembagian Stunting yang sumber dananya dari Dana Desa Tahun Anggaran 2021.

Kades menyampaikan bahwa Desa hanya melanjutkan dan melaksanakan Program Pemerintah dalam membagikan Vitamin dan Susu kepada Balita, Ibu hamil, Ibu yang lagi menysui dan Lansia. Agar masyarakat tetap terjaga kesehatannya.

Kades juga menyampaikan kepada penerima manfaat dan kepada seluruh masyarakat Desa Silimabanua untuk mengurus Kartu Identitas Anak (KIA), itu sudah anjuran dari pemerintah dan tidak dipungut biaya silahkan datang langsung ke Dukcapil Nias Selatan dengan membawa berkas (kartu keluarga). ungkap kades

Kepala Desa Silimabanua “Baraniso Telaumbanua S.Pd” menyampaikan, tata cara penggunaan masing masing jenis mereknya nanti bpk/ibu baca terlebih dahulu aturan pemakaiannya, supaya jangan salah menggunakan.

Misalnya Lactogen dari usia 0-6 bulan yang meminumnya bapak atau ibu yang usia 50 tahun atau sebaliknya, itu salah bapak ibu.

“Makanya saya tegaskan disini untuk memperhatikan aturan pakainya, Baca di label yang sudah tertera di kotaknya masing-masing, supaya jangan salah menggunakan sehingga tidak berfungsi pada diri sendiri, dan bisa juga menimbulkan penyakit, karena tidak sesuai dengan tata cara aturan pakainya”. tutur kades

Lanjut Kades mengatakan Adapun vitamin buat tambah pola pikir anak, dimana sebelumnya Bidan Desa Silimabanua menyampaikan bahwa ada anak kurang gizi di desa kita, khususnya Desa Silimabanua, dan kita sudah siapkan khusus vitamin bagi anak yang kurang gizi.

Pihaknya juga berharap kepada orang tua balita harus rajin memberi vitamin nanti ke anaknya. Papar kades.

Adapun beberapa bahan stunting yang sudah disiapkan 0leh pemdes silimabanua yakni : Lactogen 1, Lactogen 2, Lactogrow 3, DANCOW 3+, Prenagen 2, Prenagen 3, Anlene untuk Lansia.

Jumlah penerima manfaat sebagai berikut :

– Balita 0-6 bulan 13 orang

– Balita 7-12 bulan 9 orang

– Balita 1-3 tahun 33 orang

– Balita 3-5 tahun 43 orang

– Gizi buruk 2 orang

– Ibu lagi menyusui 13 orang

– Ibu hamil 11 orang

– Lansia usia 60 keatas 61 orang

Pada pelaksanaan penyaluran ini dihadiri oleh Orang tua, Anak Balita, Ibu hamil, Ibu yang lagi menyusui, Lansia diatas 60 tahun yang masuk kategori Stunting se_Desa Silimabanua.

Kades Silimabanua “Baraniso Telaumbanua S.Pd” menjelaskan kepada awak media bahwa penyaluran Stunting ini bertujuan untuk meningkatkan status gizi anak serta untuk mencukupi kebutuhan bagi yang kekurangan gizi dan untuk vitamin gizi balita begitu juga Lansia agar tercapainya status gizi yang baik sesuai dengan umur, dimana sumber dananya dari ADD/DD tahun anggaran 2021,” tutupnya.

Pada pelaksanaan penyaluran Stunting hari ini sesuai pantauan awak media Kabar Sulsel Indonesia, semua berjalan dengan baik tertib, aman dan kondusif. (Martaf)

 

Komentar

Berita Lainnya