oleh

Membangun Puskesmas Pembantu Masyarakat Sekitar Bisa Terbantu

KSI-Maros, Demi menunjang segala aspek dalam kesehatan, maka perlu adanya pembangunan sarana dan prasarana kesehatan. Hal ini akan memiliki dampak positif dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berpotensi, perbaikan sektor kesehatan tidak hanya soal perbaikan fisik, yang juga harus diperhatikan adalah bagaimana kemudahan masyarakat untuk menjangkau sarana kesehatan tersebut, ini penting karena berkaitan erat dengan efisiensi.

Berdasarkan keterangan bapak Syaripuddin, SE, MM selaku KaBid SDK Dinas Kesehatan Maros, Pada saat ini pembangunan di daerah sangat banyak diberbagai sektor salah satu sektor pariwisata, namun minimnya perhatian disektor penunjang kesehatan, hal ini masih banyak masyarakat mengeluh yang berada di pelosok-pelosok karena kesulitan dalam penunjang alat kesehatan dan akses transportasi menuju puskesmas tergolong susah.

salah satu fasilitas kesehatan yang di sedian di Pustu tersebut

Melihat hal tersebut maka Bapak Syaripuddin, SE, MM berinisiatif membangun Puskesmas Pembantu dibawah pengawasan Dinas Kesehatan Maros dengan menggunakan dana APBD, Puskesmas Pembantu atau Pustu adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana yang berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan pelayanan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam lingkup yg lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia”pintanya.

Pembangunan Pustu kita bangun di antaranya Dusun Baru, Desa Bonto Manurung, Kec.Tompo Bulu. Kab. Maros, pelaksanaan pembangunannya dimulai pada tahun 2019 dan pada tahun 2020 ini Pustu tersebut sudah selesai dan siap memberikan pelayanan kesehatan maksimal untuk masyarakat sekitarnya, Sebelumnya mereka kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan karena tempat tinggal mereka berada di pelosok, di atas gunung yang sudah bersebelahan dengan Malino, hal ini membuat mereka mengalami berbagai hambatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan karena letak geografis dan sarana transportasi, maka Pustu yang diprakarsai oleh bapak Syaripuddin, SE, MM yang di bawah naungan Diskes Maros inilah yang akan menjadi pilihan masyarakat untuk dimanfaatkan karena merupakan satu satunya pelayanan kesehatan yang bisa dijangkau oleh masyarakat sekitarnya.

Semoga dengan dibangunnya Pustu tersebut Masyarakat sekitar bisa terbantu dan bisa memberikan kepuasan dengan terhadap pelayanan kesehatan ini. ”kunci Syaripuddin, SE, MM. (31/10/20)_(Sazri)

Komentar

Berita Lainnya