oleh

Dandim 0719/Jepara M. Husnur Rofiq : Hidupkan Semangat dan Gagasan Pejuang Jepara Kembali

Jepara, Kabarsulsel-Indonesia.com; Dandim 0719 Jepara Letkol Inf. M. Husnur Rofiq mengaku bangga bertugas di Jepara. Sebab dari  kota ini lahir banyak pejuang di panggung pergerakan yang mengantarkan bangsa Indonesia meraih kemerdekaannya. “Hebatnya mereka menorehkan catatan perjuangnya semasa masih muda,” ujarnya.

Bagi banyak orang mungkin yang dikenal hanya RA Kartini. “Padahal dari catatan sejarah,   dr Tjipto Mangoenkoesoemo, dr Goenawan Mangoenkoesoemo, dan Drs RMP Sosrokartono juga lahir di Jepara dan  memiliki peran besar dalam  pergerakan bangsa Indonedsia  mencapai kemerdekaannya,” terangnya

Menurut M. Husnur Rofiq, keberadaan para  pahlawan itu  menjadi contoh buat kita dan sangat bernilai bagi pembangunan Jepara saat ini, dan bahkan bangsa Indonesia  jika gagasan dan semangatnya terus dihidupkan ditengah-tengah masyarakat. “Kita memang tidak boleh hanya mengenang para paglawan dengan mengingat sosoknya,” tegasnya

“Oleh sebab itu ruang-ruang diskusi perlu kita buka seluas luasnya seperti seminar, dialog budaya tentang para tokoh perlu ditumbuhkan, disamping menghadirkan literasi  dan budaya tentang para pejuang agar kita bisa belajar dari semangat dan gagasannya yang masih relevan dengan masa kini ,” ungkap Dandim 0719 Jepara Letkol Inf. M. Husnur Rofiq.

Ia juga menjelaskan, semangat dan gagasan para pahlawan ini juga sangat bermanfaat dalam membina, membangun dan mengembangkan ketahanan nasional dalam kehidupan berbangsa serta bernegara.

Menurut M. Husnur Rofiq ketahanan nasional adalah kondisi dinamis Bangsa Indonesia yang berisikan keuletan dan ketangguhan dalam menghadapi serta mengatasi segala bentuk ancaman, gangguan ataupun hambatan dari dalam maupun luar negeri.

“Jadi bentuknya bukan hanya agresi militer dari negara lain, tetapi bisa berupa ancaman melalui budaya, memudarnya rasa cinta tanah air, persatuan dan kesatuan, sikap acuh terhadap kondisi bangsa dan  semakin lunturnya jati diri dan karakter bangsa,” paparnya.

Karena itu menghadirkan semangat dan gagasan para pejuang dari Jepara  di ruang-ruang kelas  akan sangat efektif dalam  menguatkan profil pelajar Pancasila. “Ini akan menjadi magnet dan daya tarik bagi pelajar untuk meneladani perjuangannya, Juga bagi masyarakat, tentu akan menumbuhkan rasa bangga dan menumbuhkan keinginan untuk melanjutkan perjuangannya,” terang  M. Husnur Rofiq.

Ia lantas menguraikan dengan penuh semangat dan rasa nasionalisme,banyak  nilai-nilai yang dapat kita petik dari semangat para pahlawan dari Jepara antara lain, kecintaan pada bangsa,  nilai persatuan dan kesatuan,  rela berkorban,  patriotisme, kebersamaan dan tanggung jawab serta  kepekaan sosial yang tinggi pada kondisi masyarakat disekitarnya. “Disamping itu mereka sangat visioner untuk membangun masa depan Indonesia atau nusantara” pungkasnya.

 

(Hani)

Komentar