oleh

Bawaslu Selayar Pastikan Tidak Ada Kecurangan Dalam Proses Tungsura dan Rekap PPK

KSI Kep. Selayar-SULSELĀ  – Monitoring dilakukan jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan sejak dari hari penyelenggaraan pemungutan dan rekapitulasi perhitungan surat suara tingkat TPS sampai dengan penyelenggaraan rekapitulasi perhitungan surat suara di level panitia pemilihan kecamatan yang diselenggarakan secara serentak di sebelas wilayah kecamatan daratan dan Kepulauan Selayar, pada Sabtu (12/12/20) pagi sampai Minggu (13/12/20) dini hari.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Selayar, Abd. Kadir ST menegaskan, sampai sejauh ini jajaran Bawaslu Kabupaten belum melihat potensi pelanggaran dan atau kecurangan dalam proses dan tahapan pemungutan serta perhitungan surat suara mulai dari tps sampai dengan diselenggarakannya proses rekapitulasi di level PPK yang sempat dimonitoring langsung oleh Bawaslu bersama PPL Panwascam di masing-masing kecamatan.

“Giat monitoring dilakukan Bawaslu di wilayah Kecamatan Bontosikuyu, Bontoharu, Benteng, Bontomanai, Buki, dan Bontomate’ne. Dan dari hasil monitoring, Bawaslu melihat proses dan tahapan masih berjalan normatif, aman, kondusif dan lancar,” kata Abd. Kadir ST.

Jikapun terdapat ketimpangan, paling hanya sampai pada tataran kesalahan penulisan dan persoalan administrasi dan tidak akan berpengaruh pada hasil pilkada.

Satu bentuk kesyukuran, lanjut Kadir, karena kotak suara sudah tiba dan bergeser ke gudang kantor KPU Selayar dengan aman dibawah pengawalan ketat pam pemilu dan back up aparat kepolisian yang dipimpin Kapolsek masing-masing.

Khusus untuk Kecamatan Bontomanai, kotak suara dikawal langsung Kapolsek Bontomanai, AKP. Muh. Ramli yang diterima Kabag Ren Polres Selayar, Kompol Ismail di kantor KPU yang didampingi PAM KPU dan BKO Brimob Polda Sulsel.

Penulis : Andi Fadly Dg. Biritta

Editor : Yen

Komentar

Berita Lainnya