oleh

Resmi Dibuka Kuliner Soto Bakso Khas Kebumen yang Melegenda Sejak TH 60an

KabarSulSelIndonesia.com – Jakarta

Sebuah kuliner rumahan di Serdang Kemayoran, Jakarta Pusat yang sudah melegenda sejak tahun 1960. Citarasa asli bola-bola daging berpadu dengan kuah soto, menjadikan kuliner yang berada di Jalan Taruna Raya Gg. 21 No.41,RT. 018/ RW.03, Kelurahan Serdang, Kecaman Kemayoran Kota Daerah Khusus Ibukota Jakarta ini menjadi citarasa dan jawara kenikmatan lidah.

Mulai dari rasanya yang lezat dan tidak mudah dilupakan, hingga sentuhan cerita mistis di balik asal usulnya, membuat kuliner satu ini patut dicoba secara langsung.

Soto dengan Baksonya terbuat seratus persen dari daging sapi, berukuran sedang sehingga pas dinikmati dalam satu gigitan. Kuahnya sendiri merupakan kuah soto, yang kaya akan bumbu rempah dan diolah sedemikian rupa hingga menjadi kental. Ketika keduanya dipadukan, sebuah jaminan rasa yang begitu nikmat didapatkan pada suapan pertama.

Belum lagi ditambah potongan daging ayam goreng dan taburan bawang goreng diatasnya, menjadikan semangkok Soto Bakso Khas Kebumen ini semakin komplit.

Untuk satu porsi, soto bakso khas kebumen ini dibanderol dengan harga Rp 12 ribu rupiah. Untuk tambahan nasi, maka dikenakan tambahan Rp 3 sampai 5 ribu.

Singkat cerita, kisah kenikmatan soto Bakso ini bermula di tahun 1960, kala itu Almahum Pak Hadi Soenyoto bapak dari ibu Euis menceritakan , pada saat almarhum masih berusia muda. Diawal pernikahannya, pak Hadi coba merintis usahanya dengan berjualan bakso gerobak keliling. Ide untuk mengawinkan soto dan bakso ini berasal dari ide almarhum istrinya ibu dari ibu Euis, Menurutnya, sebagai pembeda agar kuliner usahanya mudah diingat orang.

“Ibu Euis Suseni coba menuruskan Soto Bakso Khas Kebumen ini yang dulu pernah dirintis oleh Almarhum Bapak dan Almarhum ibunya. Kata Almarhum ibu, agar beda dari yang lain. Dan kebetulan ibu itu bisa masak soto yang enak,” kata putri kedua anak keenam dari almarhum pak Hadi Soenyoto dan almarhum ibu saminah, Kamis (26/5/2022).

Soto Bakso Khas Kebumen buka mulai pukul 10.00 WIB dan tutup pukul 18.00 WIB. Bagi yang ingin mencoba mencicipi Soto Bakso Khas Kebumen bisa mehubungi 0858-9497-8017 atau melalui Shopee Food.”Pungkas Bu Euis.

Komentar

Berita Lainnya