Presiden Jokowi Sudah Kantongi Nama Calon Kapolri

Nasional, NEWS111 views

KSI DKI Jakarta  – Presiden Joko Widodo sudah mengantongi nama calon Kepala Kepolisisn Republik Indonesia (Kapolri) baru pengganti Jenderal Idham Azis.

“ Pergantian Kapolri sudah jadi hal rutin. Prosedurnya sudah ada, tinggal tunggu waktu. Siapanya (calon kapolri) pasti sudah ada,” kata Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Moeldoko, Senin (4/1/21).

Moeldoko mengungkapkan tidak ada persiapan berlebihan yang dilakukan dalam memilih nama kapolri baru. Rencananya, dalam waktu dekat Presiden Jokowi akan mengirim nama calon Kapolri ke DPR untuk uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) karena waktu yang tersedia tinggal sedikit.

Meski begitu, Moeldoko enggan membeberkan dan memberitahu awak media soal kapan dan nama  jenderal calon Kapolri pilihan Presiden Jokowi.

Namun demikian, sejumlah nama jenderal seperti Kepala BNPT Boy Rafli Amar dan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono masuk sebagai bursa calon Kapolri yang menguat beberapa waktu belakangan.

“Kebetulan belum (tahu), kebetulan tidak di kantong saya, kan gitu,” ujar Moeldoko sambil bercanda.

Sebagaimana diketahui, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., usia (57 tahun) adalah seorang perwira tinggi Polri yang menjabat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) sejak tanggal 1 November 2019, menggantikan Jenderal Pol. Tito Karnavian ini akan memasuki masa pensiun di akhir Januari 2021.

Editor : YEN

Komentar