oleh

Brigpol Agus S Sudirman Ajak Warga dan Anak Anak Gemar Baca Buku di Perpustakaan Desa Simpang Mesuji

KabarSulselIndonesia (Mesuji – Lampung)

Pandai membaca merupakan kebutuhan setiap orang. Dengan membaca, kita bisa mengetahui banyak hal. Bhabinkamtibmas Desa simpang Mesuji, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji Mengajak Anak-anak serta Warga sekitar untuk Gemar Membaca, Jum’at (24/12/2021).

Bhabinkamtibmas Brigpol Agus S Sudirman mengatakan, “Perpustakaan Desa Simpang Mesuji merupakan salah satu bentuk inisiasi yang patut diapresiasi. Dengan kegiatan tersebut diharapkan Anak-anak bahkan Warga sekitar bisa memanfaatkannya sebaik mungkin, khususnya buat Anak-anak agar dapat mengisi sebagian waktu bermain mereka dengan Hal-hal positif khususnya membaca buku,” ucap Agus.

Pasalnya Menurut Agus, Anak-anak di usia dini saat ini, masih banyak yang terkontaminasi dengan lingkungan sekitar, salah satunya Gadget atau HP. dengan adanya gadget tersebut, bisa berpengaruh terhadap minat belajar Anak-anak. Juga bisa berpengaruh besar pada kesehatan, baik itu pada fisik dan mental anak, jika sudah berlebihan menggunakan gadget,” terang Agus.

Namun demikian peran orang tua dalam menjaga dan mendidik anak sangat dibutuhkan. Kesibukan orang tua dalam sebuah pekerjaan, bisa berdampak pada psikologi anak, karena sudah tidak mendapat perhatian lebih dari orang tua, jelas Agus.

“Apalagi dengan membaca buku sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, Anak-anak bisa mengenali kisah heroid para pahlawan dalam merebut Kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan demikian, secara tidak langsung kita telah menanamkan contoh sikap bela Negara terhadap Anak-anak usia dini,” ungkapnya.

Lanjutnya, “pentingnya bagi Anak-anak di usia dini untuk gemar membaca, karena Membaca bisa menumbuhkembangkan otak secara maksimal. Kemampuan otak dalam menyalurkan Informasi dalam bentuk verbal, sangat tergantung seberapa banyak sumber informasi yang masuk ke dalam otak.”

“Membaca memiliki peran penting dalam tumbuh kembang otak secara maksimal. Kemampuan otak dalam menyalurkan informasi dalam bentuk verbal sangat tergantung kepada seberapa banyak sumber informasi yang masuk ke dalam otak,” kata Agus S Sudirman.

Bhabinkamtibmas juga menambahkan bahwa kemampuan yang paling penting dimiliki oleh seseorang di usia dini saat ini adalah mendengar dan kemampuan mendengar tidak akan maksimal jika tidak dibarengi dengan menyerap informasi secara visual yaitu dengan cara membaca.

“Kemampuan yang paling penting dimiliki oleh seseorang pada saat usia dini adalah mendengar. Pada masa ini, informasi yang masuk berbentuk audio yang kemudian di simpan oleh otak untuk menjadi memori. Namun, kemampuan mendengar tidaklah maksimal tanpa dibarengi dengan kemampuan menyerap informasi secara Visual yaitu dengan membaca,” pungkasnya.

Bhabinkamtibmas Brigpol Agus S Sudirman pun berinisiatif untuk mengajak anak-anak untuk gemar membaca Buku, khususnya mengajak mereka membaca Buku-buku yang sudah ada di perpustakaan Desa Simpang Mesuji. Sekaligus memberikan imbauan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. (MAT Amin)

Komentar

Berita Lainnya