oleh

Antisipasi Virus Omicron, Polres Ketapang Bersama Instansi Terkait Gelar Rakor

KabarSulselIndonesia (Kalbar-Ketapang)

Polres Ketapang, bersama Pemda Ketapang. Kodim 1203 Ketapang, BNPB Ketapang, Dinas Kesehatan dinas perhubungan, serta Instansi terkait lainnya menggelar Rapat Koordinasi ( Rakor) lintas sektoral untuk membahas antisipasi potensi lonjakan Covid-19 varian Omicron menjelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 ( Nataru ) di Ruang Aula Mapolres Ketapang, Jumat (17/12/2021), Pukul 08.00 wib.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Ketapang yang diwakili Kabag Ops AKP Yafet Efraim Patabang, S.H., S.I.K., menyampaikan, sebagaimana instruksi dari Presiden Indonesia Bapak Joko Widodo, koordinasi antar instansi sangat diperlukan dalam upaya pencegahan dan pengendalian covid-19 untuk tetap mempertahankan tren positif laju pertumbuhan Covid-19 yang saat ini sudah dapat dikendalikan dengan baik. Sehingga, saat memasuki libur Nataru, tidak mengalami lonjakan.

” Seperti perintah Bapak Presiden, persiapan menghadapi kemungkinan laju pertumbuhan Covid-19 saat Nataru khususnya di wilayah Kabupaten Ketapang harus terus ditingkatkan melalui langkah-langkah koordinasi bersama dengan semua instansi terkait yang ada di Kabupaten Ketapang ini ” kata Yafet dalam Rakor lintas sektoral.

” Kami sudah siapkan lokasi pelayanan vaksinasi manakala ada masyarakat yang belum vaksin sebagai langkah konkrit mempercepat vaksinasi di tengah masyarakat dengan target 70 % warga ketapang sudah mendapatkan vaksin sampai bulan desember ini. Juga sudah disiapkan pos karantina apabila dalam pelaksanaan Swab dinyatakan reaktif dan aplikasi PeduliLindungi warna hitam agar dilaksanakan karantina sementara,” kata ujar Yafet.

Polres Ketapang juga sudah membentuk pos untuk Checkpoint guna memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik untuk menekan laju penyebaran Covid-19 yaitu di perbatasan Wilayah Ketapang – Kayong Utara, tepatnya di Pos Dinas Perhubungan Desa Satong, Pos di Kecamatan Sandai, Kecamatan Nanga Tayap, di Bandara Rahadi Usman, serta di Pelabuhan Sukabangun guna mencegah masuknya varian baru Covid-19.

Bupati Ketapang yang diwakili Asisten Bupati Drs Heronimus Tanam menyatakan, Forkopimda Ketapang serius dalam menangani permasalahan Covid-19 di Kabupaten Ketapang. Berbagai upaya bersama pihak terkait dalam pencegahan seperti giat yustisi penegakan prokes serta kegiatan vaksinasi terus dilakukan dan juga dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terus dilakukan pendekatan ke tokoh-tokoh agama untuk membantu membangun kesadaran masyarakat.

“ Apa yang telah kita bahas bersama dalam rapat ini, patutnya untuk segera di implementasikan dan saya sangat apresiasi Polres Ketapang dan pihak lainnya yang sudah berjibaku di lapangan dalam menggelar vaksinasi, melaksanakan penertiban prokes melalui ops yustisi serta upaya lainnya, semoga usaha kita bersama ini dapat berdampak terhadap peningkatan kekebalan komunitas serta peningkatan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan ” tutup Tanam.(Sukardi)

Komentar

Berita Lainnya