oleh

Warga Desa Bawomataluo Dengan Pakaian Adat Sedang Persiapan Untuk Pelaksanaan Festival Seni Budaya

KabarSulselIndonesia (Nias Selatan)

Bagi anda yang ingin liburan saat Natal dan tahun baru 2021 kali ini. Tak ada salahnya merencanakan liburan ke Desa Bawomatalua, Nias Selatan, yang terkenal memiliki pesona lompat batu.

Bawomataluo sebagai salah satu daerah Cagar Budaya Nasional akan menampilkan pesonanya melalui “Festival Budaya Bawomataluo 2021”, Pada Kamis (30 Desember 2021) sampai dengan hari Minggu (02 Januari 2022) yang dilaksanakan di alun-alun Bawomataluo.

Kegiatan festival kali ini yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Bawomataluo bertujuan untuk memulihkan kembali kejayaan Nias Selatan sebagai tujuan wisata unggulan di Sumatera Utara dan Indonesia pada umumnya.

Dijamin, anda beserta keluarga akan menikmati liburan tahun baru yang seru, karena Festival seni budaya yang dilaksanakan kali ini akan menyuguhkan berbagai atraksi dan pentas seni seperti Tari perang kolosal (Fatele, Maluaya), Hoho, Mogaele, Lompat batu (Fahombo), Famadaya harimao, Famadaya hasi, Fondroli daro-daro, Fo’ere, Fabolisi, Feta batu, Lomba ketangkasan Fafiri, Fatelusa, Druri dana ba zigu, Musik tradisional, Pameran promosi hasil kerajinan dan kuliner

Sekretaris Panitia Festival Budaya Bawomataluo 2021, Yankas Zagoto, menjelaskan dalam pentas Festival seni kali ini juga akan menampilkan kerajian tangan hasil karya anak Desa Bawomataluo.

“Seperti patung, rumah adat miniatur, tas anyaman, dan berbagai jenis ukiran lainnya akan menjadi bahan pajangan saat kegiatan bamex,” kata Yankas Zagoto, kepada KabarSulselIndonesia.com, Sabtu (11/12/21/2021).

“Dan ada juga wisata malam yang dimeriahkan oleh sanggar-sanggar budaya profesional serta malam hiburan artis-artis Nias,” sebutnya.

Bukan hanya itu, Yankas Zagoto mengungkapkan, pada festival kali ini pihaknya juga berencana kan mengundang sejumlah pihak terkait.

“Wacananya tamu khusus dari kemenpar, namun finalnya setelah ada hasil audensi pemerintah desa dan panitia dengan pimpinan daerah,” ungkapnya.

Yankas juga memberitahukan, pada festival kali ini, melalui kerja sama dengan bumdes akan disediakan fasilitas homestay.

“kita akan sediakan homestay buat para pengunjung,” tandasnya.

(Martaf)

Komentar

Berita Lainnya