oleh

Tips Menyimpan Daun Teh Agar Tetap Wangi

Cara menyimpan daun teh – teh adalah minuman penyegar yang sudah mendunia dan dikonsumsi sehari-hari oleh banyak orang. Teh disukai karena aromanya yang wangi atau harum sehingga memberikan sensasi merilekskan atau melegakan ketika diminum.

Aroma menjadi faktor utama yang menentukan apakah teh memiliki kualitas yang baik atau tidak. Teh sama seperti komoditas pangan segar lainnya yaitu mudah mengalami kerusakan selama proses penyimpanannya. Oleh karena itu, penting untuk diketahui bagaimana cara menyimpan daun teh yang baik agar kualitasnya tetap terjaga.

Penurunan kualitas daun teh

Teh yang diminum berasal dari daun teh yang dipetik dari perkebunan teh dan kemudian diolah dan disimpan sebelum akhirnya dijual ke pasar. Daun teh dapat mengalami penurunan kualitas dan berakibat pada penurunan tingkat aroma atau kewangian teh tersebut.

Cara menyimpan daun teh yang baik dapat meminimalisir risiko terjadinya penurunan kualitas daun teh selama penyimpanan di gudang. Daun teh mudah mengalami kerusakan akibat adanya proses oksidasi.

Akibat proses oksidasi, daun teh dapat berubah warna menjadi coklat. Namun, ada beberapa oksidasi yang disengaja atau digunakan untuk mengolah teh seperti pada pengolahan daun teh hitam.

Proses oksidasi terjadi ketika daun teh yang kering terekspos oleh kelembaban dan udara bebas.

Tipe teh mempengaruhi

Cara menyimpan daun teh ikut ditentukan oleh tipe tehnya. Teh hijau, kuning, dan putih atau olong merupakan tipe teh yang minim teroksidasi dibandingkan dengan teh hitam atau oolong hitam.

Oleh karena itu, daun teh sangat rentan mengalami kerusakan atau kehilangan aroma dan juga cita rasanya ketika tidak disimpan dengan baik dan layak.

Daun teh yang telah rusak juga dapat mengalami pembusukan yang lebih cepat dibandingkan dengan daun teh yang masih utuh. Hal ini dikarenakan adanya area permukaan yang berpotensi mengalami kontak secara langsung dengan udara.

Hal ini bahkan dapat menyebabkan teh bubuk seperti matcha Jepang menyerap kelembaban pada tingkat yang sangat rendah.

Belilah daun teh dari toko terpercaya

Cara menyimpan daun teh yang baik juga harus diikuti oleh kualitas mula-mula teh tersebut yaitu pada saat belum membelinya. Ketika membeli daun teh, Anda sebaiknya juga memperhatikan kualitas semulanya.

Pastikan daun teh yang Anda beli telah memiliki kualitas yang baik, sehingga akan terhindar dari risiko kerusakan pada saat disimpan nantinya. Jika Anda menerima daun teh yang sudah dalam kondisi tidak baik, maka cara menyimpan daun teh seperti apapun yang dilakukan menjadi tidak berarti lagi.

Toko teh yang terpercaya akan menyediakan daun teh dengan kualitas yang baik pula, sehingga penting sekali untuk memilih toko tempat membeli daun teh sebelum memutuskan untuk langsung membelinya.

Simpan pada suhu dingin

Cara menyimpan daun teh yang baik agar tetap awet dan memiliki aroma dan cita rasa yang nikmat ketika diseduh yaitu dengan menyimpan daun teh pada kondisi yang dingin atau terhindar dari paparan sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan peningkatan suhu.

Anda dapat menyimpan daun teh pada wadah seperti toples dan meletakkannya pada kabinet gelap. Jika Anda tidak ingin menyimpannya di dalam lemari, Anda dapat menggunakan kantong plastik non transparan yang tertutup atau toples dari tanah liat.

Teh akan terhindar dari risiko mengalami oksidasi ketika disimpan di dalam kulkas atau freezer. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan ketika menyimpan daun teh di dalam kulkas atau freezer yaitu adanya risiko penyerapan kelembaban atau uap air oleh daun teh.

Jaga agar daun teh selalu kering

Daun teh adalah produk yang kering, sehingga oksigen dan kelembaban merupakan musuh utamanya.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menjaga kualitas daun teh yang disimpan, maka cara menyimpan daun teh harus dilakukan selalu dalam kondisi kering untuk menghindari adanya kelembaban lebih jauh, sehingga pastikan untuk mengemas daun teh dalam kantong tertutup dan tekanlah kemasan semaksimal mungkin untuk mengeluarkan udara di dalam kemasan yang dapat menyebabkan terjadinya oksidasi pada daun teh.

Jika Anda ingin perlindungan maksimal pada gudang penyimpanan komoditi pangan agar mutu dan kualitasnya tetap terjaga dan terlindung dari berbagai macam gangguan hama.

Gunakan produk obat fumigasi yang sudah terpercaya serta terbukti ampuh dalam mengatasi masalah hama gudang, baik untuk gudang penyimpanan teh, beras, jagung, biji kopi, kacang ijo, kacang kedelai dan biji-bijian lainnya serta untuk pakan ternak.

Gunakan produk fumigasi terbaik dari PT. Panca Prima Wijaya, yang sudah terbukti dan teruji kualitasnya dalam memberantas hama gudang penyimpanan. Terdapat 3 produk fumigasi pilihan yaitu, Fumiphos, fumilikuid dan juga Silogud, yang mana masing-masing memiliki keunggulan dalam membasmi hama gudang. Untuk detail lengkapnya bisa dilihat pada website Panca Prima Wijaya yang menyediakan obat fumigasi terbaik.

Komentar

Berita Lainnya