Tingkatkan Iman dan Taqwa, Kodam Pattimura Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an

Ambon, Daerah, Maluku, NEWS10 views

Ambon, Kabarsulsel-Indonesia.com | Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wata‘ala, Prajurit dan PNS Kodam XVI/Pattimura yang beragama Islam memperingati Nuzulul Qu’ran 1445 H/2024 M, bertempat di Masjid Al Ijtihad belakang kota, Ambon, Rabu (3/4/2024).

Kegiatan dibuka dengan pembacaan Tilawatil- Qur’an, dilanjutkan dengan sambutan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC,. M, Tr.(Han)., Dalam sambutannya, Pangdam mengatakan bahwa, acara peringatan Nuzulul Qur’an merupakan salah satu upaya untuk membina mental para Prajurit, Pegawai Negeri Sipil beserta keluarga di lingkungan Kodam XVI/Pattimura.

Selain itu juga, dalam rangka meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wata‘ala, melalui pemahaman, penghayatan dan pengamalan terhadap nilai-nilai yang terkandung di dalam Al-Qur’an, untuk diimplementasikan pada setiap pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Tema peringatan Nuzulul Qur’an tahun ini yaitu, “Implementasi Nilai-nilai Ramadhan dalam Kehidupan Prajurit TNI”, sesuai dengan tema tersebut, Pangdam mengajak untuk sama-sama memperbanyak membaca, mempelajari dan mengamalkan Al-Quran sebagai bekal hidup di dunia hingga akhirat kelak.

Kegiatan dilanjutkan dengan ceramah mengenai hikmah Nuzulul Qur’an, yang dibawakan oleh Ustad Husein Aziz Arbi, Lc, MA., Disampaikan dalam ceramahnya bahwa, Al-Qur’an merupakan salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW yang masih terjaga dan bisa dirasakan hingga saat ini oleh seluruh umat Islam.

Lanjut dijelaskan bahwa, salah satu keistimewaan Al-Quran ialah, mudah dipahami dan dihafal walaupun belum mengerti bahasanya. Hal tersebut menunjukkan, betapa dahsyat dan istimewanya Al-Quran ini. Ustad Husein, mengajak dan menghimbau agar dapat mengambil hikmah peringatan Nuzulul Qur’an kali ini.

Diakhir ceramahnya, Ustad Husein, mengingatkan kewajiban umat muslim terhadap Kitab Suci Al-Qur’an adalah wajib mengimani, memuliakan, dianjurkan menghafalkan dan mentadaburinya. Kegiatan ditutup dengan pembacaan doa bersama.

Turut hadir dalam kegiatan tesebut, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Muhammad Ali, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaeful Mukti Ginanjar, Para Asisten, Kabalak dan Dansat jajaran Kodam XVI/Pattimura yang beragama muslim. Hadir pula Ketua Persit KCK XVI/Pattimura Ny. Shinta Syafrial, Wakil Ketua Persit KCK XVI/Pattimura Ny. Nini Agung Pambudi beserta pengurus.

Komentar