Sholat Idul Fitri di Lapangan Makorem 071 Wijayakusuma : Simbol Kerukunan Antar Umat Beragama dalam FKUB

Daerah, NEWS9 views

Banyumas, Kabarsulsel-Indonesia.com | Korem 071Wijayakusuma bersyukur atas suksesnya pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1445 H yang digelar di Lapangan Makorem 071 Wijayakusuma. Acara yang dihadiri oleh para anggota TNI, keluarga mereka, warga masyarakat sekitar dan juga para tokoh agama dari berbagai keyakinan ini tidak hanya sebagai momen perayaan kemenangan bagi umat Muslim yang telah satu bulan penuh melaksanakan puasa romadhon, namun juga merupakan bukti konkret dari kerukunan antar umat beragama yang terjalin erat dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Sholat Idul Fitri, yang berlangsung di Lapangan Makorem 071/Wijayakusuma pada hari Rabu, (10/4/2024) dimulai dengan prosesi takbiran yang meriah di sekitar lapangan Makorem 071. Suasana khidmat terasa di seluruh area saat umat Muslim berkumpul untuk melaksanakan sholat bersama sebagai ungkapan syukur atas berakhirnya bulan Ramadan yang penuh berkah.

Tidak hanya umat Muslim yang hadir, tetapi juga para tokoh agama dari berbagai denominasi turut serta dan memberikan dukungan moral dan bantuan pengamanan serta kelancaran dalam pelaksanaan ibadah Sholat idhul Fitri tersebut. Hal ini mencerminkan semangat inklusifitas dan toleransi yang dijunjung tinggi dalam membangun kerukunan antar umat beragama di wilayah ini.

Setelah sholat selesai, suasana kebersamaan semakin terasa dalam acara bersalam-salaman antara satu dengan lainnya, dan tidak ketinggalan para tokoh dan pemeluk agama yang lain yang juga ikut memberikan ucapan Idul Fitri dan saling berma’af-ma’afan dalam kegiatan tersebut.

Komandan Korem 071 Wijayakusuma Kolonel Czi M. Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han, menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan semua pihak dalam mensukseskan acara tersebut. Beliau juga menekankan pentingnya menjaga dan memperkuat kerukunan antar umat beragama sebagai landasan bagi kedamaian dan harmoni di masyarakat.

“Dengan semangat kerukunan yang kita pupuk bersama, mari kita terus jalin kerjasama dan persatuan dalam membangun wilayah yang damai dan sejahtera bagi semua warga,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem 071 Wijayakusuma juga menyampaikan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H, Mohon maaf lahir dan batin kepada anggota dan seluruh warga masyarakat yang hadir maupun mastayarat sekitarnya.

Melalui kegiatan tersebut, Korem 071/Wijayakusuma tidak hanya meneguhkan komitmennya dalam mendukung kegiatan keagamaan, tetapi juga memperkuat hubungan harmonis antar umat beragama dalam bingkai FKUB Kabupaten Banyumas.

Komentar