oleh

Sensus Doloksaribu: Cara Mudah Menghalau Tikus Di Sawah dengan Bahan yang Aman

Anda memiliki perkebunan atau utamanya adalah sawah? Namun kini tengah resah karena adanya serangan hama tikus? Jangan khawatir. Ada  cara mudah menghalau tikus di sawah dengan bahan alami yang tidak akan membahayakan tanaman padi Anda. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini dan Anda akan mendapat berbagai tips menarik untuk mengusir tikus agar tak kembali lagi. 

Mengapa Tikus Di Sawah Meresahkan?

Sebelum membahas bersama mengenai bagaimana cara mengusir tikus di sawah secara alami. Maka Anda harus mengenali terlebih dahulu alasan keberadaan tikus harus dibasmi. Jadi, tikus merupakan hewan yang masuk dalam kategori hama khususnya di sawah karena pergerakannya yang kasar akan merusak bibit padi yang ada.

Sejak persemaian hingga panen, tikus senang sekali merusak bibit padi. Hal ini mereka lakukan hanya karena menggunakan batang padi untuk mengasah giginya. Sehingga jika hal ini dibiarkan maka ini akan merugikan hasil panen kedepannya.

 Apa Alasan Tikus Bisa Menyerang Sawah?

Tentu saja selalu ada alasan mengapa tikus akhirnya menyerang perkebunan atau persawahan. Utamanya adalah karena kondisi sanitasi dan kebersihan sawah kurang terawat sehingga memungkinkan perkembangan tikus secara berlebihan. Tak hanya itu, regulasi air yang kurang tepat dan menghasilkan genangan yang lembab juga bisa mempengaruhi tikus menyerang sawah.

4 Cara Mudah Menghalau Tikus Di Sawah

Nah, daripada berlama-lama lagi dan telah penasaran. Maka yuk simak 4 cara mudah menghalau tikus di sawah kali ini!

 1. Menggunakan Kapur Barus

Cara mengusir tikus di sawah dengan kapur barus adalah tips mudah pertama yang bisa Anda coba tanpa merusak padi. Kapur barus yang memiliki bau menyengat akan membuat tikus tidak nyaman sehingga memutuskan pergi. Apalagi jika memakannya, maka tikus akan mati dan tidak akan menganggu padi Anda lagi.

2. Menggunakan Kopi

Cara mengusir tikus dengan kopi merupakan solusi kedua yang bisa coba Anda terapkan secara aman. Kopi yang memiliki bau khas akan membuat tikus tidak nyaman dan akhirnya membuatnya kabur. Bau kopi yang disebar di titik-titik tertentu juga tidak akan membuat padi terganggu perkembangannya.

3. Memasang Jaring

cara mudah menghalau tikus di sawah yang ke tiga adalah dengan memasang jaring disepanjang area yang ingin dijaga. Menggunakan jaring di area padi, maka tikus tidak bisa menerobosnya apalagi jika menggunakan jaring yang kuat. Pastikan agar area yang ditutup jaring bersih, terawat juga tidak memiliki genangan air. 

4. Menggunakan Umpan Racun

Terakhir, cara mengusir tikus yang mudah tanpa merusak padi adalah dengan menggunakan umpan racun. Anda bisa memasang umpan beracun di jalur tikus seperti di galangan sawah. Ketika memakannya, tikus akan mati dan tidak ada kerusakan tanaman padi lagi, akan tetapi penempatan racun harus diperhatikan agar tak menganggu pertumbuhan tanaman.

Nah itulah di atas berbagai ulasan menarik mengenai bagaimana cara mudah menghalau tikus di sawah dengan aman dan tidak merusak padi. Anda bisa mulai menggunakan berbagai tips di atas dengan bijak dan hati-hati. Pastikan juga untuk menjaga sanitasi, kebersihan serta regulasi air agar mengatasi tikus bersarang serta berkembang biak! (Sensus Doloksaribu)

Komentar

Berita Lainnya