oleh

Sekretaris Disdik Sulsel Ungkap Kebutuhan Guru di Rakor PPPK Tahap II

KabarSulselIndonesia (Makassar – Sulawesi Selatan)

Sekretarais Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, H. Hery Sumiharto, SE.,M.Ed mengatakan, penataan dan distribusi guru atau pendidik di Sulawesi Selatan, khususnya untuk jenjang SMA, SMK dan SLB terus dibenahi.

Hal ini ditegaskan saat memberikan materi pada Rapat Koordinasi Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Jabatan Fungsional Guru Pemprov Sulsel yang digelar selama tiga hari (2-4/12 2021) di Hotel Claro Makassar.

Hery Sumiharto mengatakan, “kebutuhan guru di Sulawesi Selatan saat ini masih ada sekitar 11 ribu orang. Jumlah ini tergolong tinggi dan tentu saja memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Sementara jumlah guru PNS saat ini sekitar 11.641 orang. Jadi seperduanya adalah guru atau pendidik berstatus honorer.”

Ditambah lagi, katanya, setiap tahun, ada sekitar 600-an orang guru memasuki usia pensiun.

Hery Sumiharto berharap dengan adanya kebijakan pemerintah merekrut guru atau pendidik PPPK, kekurangan guru di Sulsel akan teratasi dengan baik.

Ia mengharapkan hasil seleksi kompetensi PPPK Tahap II berjalan dengan baik dan menghasilkan guru yang berkompeten sehingga kekurangan guru di Sulsel bisa teratasi.

Untuk mengatasi kekurangan guru, khususnya di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3 T), Disdik Sulsel, kata Hery, telah merekrut 100 guru dalam program Sulsel Mengajar.
Guru-guru ini telah melewati diseleksi dengan ketat oleh tim khusus yang dibentuk Disdik dan BKD Sulsel. (Muasri)

Komentar

Berita Lainnya