oleh

Sebanyak 223 Lansia Jalani Suntik Vaksin Covid-19 di Puskesmas Kelurahan Sukapura

KSI DKI Jakarta – Sebanyak 223 warga lanjut usia (lansia) di wilayah Kelurahan Sukapura telah mengikuti kegiatan vaksinasi COVID-19. Kepala Puskesmas Kelurahan Sukapura, drg. Lesti Harni mengapresiasi warga lansia yang memanfaatkan program vaksinasi sebagai upaya untuk melindungi diri dari ancaman COVID-19.

“Ada 223 lansia yang sudah divaksin di Puskesmas Kelurahan Sukapura sedangkan total lansia di wilayah Kelurahan Sukapura sekitar 3.200 orang. Pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar namun ada beberapa kendala seperti kekurangan tenaga kesehatan karena saat ini hanya 1 tim kesehatan yang dikerahkan. Kemudian banyak lansia yang sulit diajak komunikasi dan tidak didampingi keluarga,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Selasa (09/03/2021).

Ia menghimbau kepada para lansia untuk membawa pendamping saat proses vaksinasi. “Bagi lansia yang terdaftar sebagai peserta vaksin diharapkan membawa perwakilan keluarganya untuk mendampingi selama pelaksanaan vaksinasi. Saat pemeriksaan kesehatan akan ditanyakan beberapa hal oleh tim kesehatan seperti riwayat penyakitnya. Apabila lansia itu sulit berkomunikasi maka pendampingnya bisa memberikan penjelasan,” terang drg. Lesti.

Dalam pelaksanaan vaksinasi bagi lansia, ia berkordinasi dengan Kelurahan dan pengurus RT/RW untuk mendata para lansia yang akan divaksin. “Setiap harinya, nama-nama lansia yang akan divaksinasi sudah ada karena kami jadwalkan per RW. Seperti hari ini dijadwalkan untuk warga RW 07, besok RW 06 dan Jumat depan RW 08. Ada juga lansia yang datang sendiri tidak sesuai jadwal namun tetap kami layani,” ujarnya.

Ia menjelaskan, sebelum divaksin akan dilakukan skrining kesehatan terlebih dahulu untuk memastikan kondisi tubuhnya dalam keadaan sehat kemudian dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin. “Setelah divaksin akan masuk tahapan observasi selama 30 menit. Kami harap bagi lansia yang sudah divaksin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan karena lansia tergolong rentan tertular COVID-19. Jaga kesehatan dengan mengkonsumsi asupan bergizi, istirahat yang cukup, olahraga dan selalu berpikir positif,” pesannya.

Penulis : Bintarsih

Komentar

Berita Lainnya