oleh

Resmi Tutup Peringatan HKN dan Workshop Akselerasi Vaksinasi, Bupati Lutim : Tetap Waspada Lonjakan CoVID-19

KabarSulselIndonesia (Luwu Timur – Sulsel)

Penutupan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-57 serta Workshop Akselerasi Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Luwu Timur resmi di tutup oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman, di Gedung Wanita Simpurusiang Malili Kabupaten Luwu Timur, Jumat (26/11/2021).

Pelaksanaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 12 November dan pada Tahun ini merupakan peringatan yang ke-57 dengan mengusung tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”.

Kadis Kesehatan Rosmini Pandin mengatakan, Peringatan HKN ke-57 di tahun 2021 ini dapat di jadikan sebagai momentum untuk kembali mengedukasi, mengubah perilaku, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19 serta memberikan apresasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penanganan COVID-19.

“Oleh karena itu, perlu adanya sinergitas antara satu komponen dengan komponen lainnya melalui beberapa program pada instansi masing-masing dalam rangka percepatan penyelesaian pandemi COVID-19”, ujar Rosmini Pandin.

Sementara Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengatakan, dengan tema peringatan HKN ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat yang secara bersama, bahu membahu dan bergotong royong dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang ada di tengah-tengah kita selama ini.

“Momen HKN ini penting untuk mengingatkan kita semua menjaga kesehatan bersama. Tetap jaga kewaspadaan, guna mencegah lonjakan kasus Covid 19 yang tinggi. Sebab, banyak faktor yang harus di lindungi seperti perilaku masyarakat, lingkungan, serta pelayanan kesehatan,” imbuhnya.

Orang nomor satu di Luwu Timur ini juga menekankan agar masyarakat Kabupaten Luwu Timur ini terus melakukan pencegahan dan pengendalian pandemi, sehingga Bupati mengharapkan dukungan dan kerja keras dari semua pihak terkhusus kepada seluruh insan kesehatan yang ada di Kabupaten Luwu Timur.

“Mudah-mudahan dalam rangka hari kesehatan ini, Insya Allah dalam Visinya, Luwu Timur Berkelanjutan, lebih maju berlandas nilai Agama dan Budaya, kita berharap dapat menginspirasi orang lain minimal Anak Kita, Keluarga, untuk menjaga prokes dan meningkatkan kesehatan kita, sehingga generasi Luwu Timur akan jauh lebih baik dari hari ini,” jelasnya.

Selain dari prioritas penangan Covid-19, Bupati juga meminta kerjasama upaya penangan masalah kesehatan lainnya yang merupakan program prioritas nasional seperti penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), menurunkan angka stunting pada balita, serta memperbaiki jaminan kesehatan nasional (JKN).

Setelah itu, Bupati Luwu Timur, H. Budiman memberikan Penghargaan melalui Program Kabupaten/Kota Sehat yang berhasil memperoleh Penghargaan Swastisaba dengan Kategori Wistara ke-2 kalinya yang merupakan penghargaan tertinggi dari penilaian Kabupaten Kota Sehata (KKS).

Selain itu, juga ada Penghargaan STBM Awards terbaik 1 dengan kategori Supply dan juga menerima penghargaan TLI, ( Test Lacak Isolasi) dalam rangka percepatan penyelesaian Covid-19.

Dalam kesempatan ini, turut hadir unsur Forkopimda, Ketua TP-PKK Kab. Luwu Timur, Hj. Sufriaty, Kadis Sosial P3A, Sukarti, Direktur RS Inco, Direktur RS I Lagaligo, dr. Benny, Kepala BPJS Cabang Palopo, para Camat, Kepala Desa Magani, Ishak serta para perwakilan Puskesmas Yang ada di Kabupaten Luwu Timur. (hms)

Komentar

Berita Lainnya