oleh

Puskesmas Kelurahan Cilincing I Layani Vaksinasi COVID Bagi 171 Lansia

KSI DKI Jakarta – Program vaksinasi COVID-19 bagi warga lanjut usia (lansia) di wilayah Kelurahan Cilincing masih berlangsung. Jajaran Puskesmas Kelurahan Cilincing I semakin menguatkan sinergi bersama lintas sektor dalam upaya mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya memberikan vaksin COVID-19 bagi lansia.

Sejak tanggal 1 hingga 12 Maret 2021 Pukul 12.00 WIB, tercatat ada 171 lansia yang telah divaksin di Puskesmas Kelurahan Cilincing I. “Target pemberian vaksin perharinya sekitar 50 sampai 60 orang. Jika ingin divaksin tentunya harus dalam keadaan sehat dan mengikuti rangkaian skrining kesehatan,” ungkap Kepala Puskesmas Kelurahan Cilincing I, dr.Rini Irsa Putry saat dikonfirmasi, Jumat (12/03/2021).

Ia menambahkan, apabila ada warga lansia yang memiliki KTP diluar DKI Jakarta dan ingin mendaftar sebagai peserta vaksin maka harus menyertakan surat keterangan domisili. “Sampai saat ini tidak ada lansia yang kami tolak namun ada 10 orang yang harus ditunda pemberian vaksinnya karena permasalahan kesehatan,” terangnya.

Sekitar 10 orang tenaga kesehatan Puskesmas Kelurahan Cilincing I dikerahkan untuk memberikan pelayanan vaksinasi bagi lansia. “Bagi peserta vaksin harus melalui tahapan verifikasi data, skrining kesehatan, proses vaksin dan observasi selama 30 menit,” ujar dr. Rini.

Dalam kesempatan itu pula, ia juga mengajak semua lansia di wilayah Kelurahan Cilincing untuk ikut memanfaatkan program vaksinasi COVID-19. “Pemberian vaksin menjadi salah satu solusi untuk memutus mata rantai penularan COVID-19. Sebelum dan sesudah divaksin tetap harus mematuhi ketentuan protokol kesehatan,” himbaunya. (Bsh)

Komentar

Berita Lainnya