oleh

Pospera Mesuji Tajamkan Tulisan Kader

KabarsulselIndonesia – (MESUJI)

Kualitas sebuah berita yang diterbitkan, akan sangat berpengaruh terhadap seberapa besar kemampuan dan pemahaman wartawan yang menuliskannya saat mengelola bahasa.

 

Demikian salah satu pesan yang muncul dalam Pelatihan Jurnalistik yang digagas Pospera Mesuji yang diiikuti kader-kader jurnalis ormas lembaga besutan Adian Napitupuluh itu pada Senin (03.01.21). Kegiatan yang dilaksanakan di Posko Pospera Mesuji Desa Simpang Pematang itu di menghadirkan Jurnalis Aliansi Indonesia yang juga Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Mesuji, Fajar, sebagai narasumber.

 

“Sebuah berita yang terbit, hendaknya benar-benar didasarkan atas pengamatan dan hasil konfrmasi wartawan yang menuliskannya,” kata Fajar. “Dan karena itu, keberadaannya benar-benar harus dapat dipertanggungjawabkan.”

 

Dalam kesempatan itu, Penasehat Pospera Mesuji, Pikok, juga menegaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menigkatkan kualitas tulisan para kader media Pospera yang tergabung Jaringan Pers Pospera (JPPR) Mesuji.

“Masih terdapat beberapa kawan kita yang tata cara penulisan beritanya belum tepat sasaran terutama di sisi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI),” kata Apri. “Karena itulah, kita berharap pelatihan kali ini dapat menjadi pembelajaran penting untuk semakin meningkatkan kualitas pemberitaan.”

 

PIkok juga berharap, ke depan, tulisan-tulisan yang datang dari kader Pospera Mesuji benar-benar adalah sebuah hasil investigasi yang bukan saja tajam tapi juga terpercaya.

 

Pelatihan yang mengutamakan unsur dialog dan pratik kepenulisan itu diikuti oleh perwakilan Pospera di masing-masing kecamatan dan sempat menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa anggota baru.

 

“Ai, ringam, Jang! Bukan mudah muat berita bagus. Pening palak!” ujar Kabiro Tribun Desa, Mang Ismen.

 

(MAT Amin)

Komentar

Berita Lainnya