oleh

Polres Jepara Gelar Pelatihan SAR di Pantai Bandengan Untuk Meningkatkan Kemampuan

KabarSulSelIndonesia,Polres Jepara – Keadaan darurat yang membahayakan nyawa manusia menjadi salah satu perhatian dari jajaran Polres Jepara. Terlebih, wilayah Jepara memiliki garis pantai yang cukup panjang. Sehingga, potensi bahaya yang melibatkan nyawa manusia bisa terjadi.

Pagi ini Polres Jepara menggelar kegiatan latihan SAR penanggulangan laka laut di kawasan Pantai Tirta Samudra (Bandengan) yang dipimpin oleh Kapolres Jepara AKBP Warsono, SH., SIK., MH, didampingi oleh Wakapolres Kompol Berry, ST., SIK, dan diikuti oleh sejumlah personil Polres Jepara pada Rabu (21/09/2022).

Latihan SAR penanggulangan laka laut ini untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan profesionalitas personil Polres Jepara. Pelatihan ini sebagai cara untuk mensinergikan gerakan pada saat terjadi bencana atau musibah di laut.

Kapolres Jepara AKBP Warsono, SH., SIK., MH, mengatakan musibah atau keadaan darurat di perairan, merupakan kejadian yang tak diharapkan oleh siapapun. Dibutuhkan respon atau penanganan sesegera mungkin dari petugas tanpa melupakan faktor keselamatan.

Kemampuan serta keterampilan pertolongan air menjadi hal yang cukup penting untuk dipahami dan dipelajari, khususnya bagi personil Polres Jepara. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh personel Polres Jepara adalah kemampuan SAR di laut.

“SAR yang berarti Search (Pencarian) dan Rescue (Pertolongan atau Penyelamatan), maka dalam kegiatan operasional SAR dibutuhkan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis SAR serta ilmu pendukung kegiatan di lapangan”, jelas Kapolres.

Dengan pelatihan SAR di laut juga sebagai wujud pembinaan personel dalam membekali kemampuan perorangan maupun satuan dalam mendukung tugas di lapangan dan diharapkan para peserta sejumlah 88 personil untuk mengikuto dengan sungguh-sungguh , pungkasnya.

(Hani)

Komentar

Berita Lainnya