oleh

Peduli Dengan Warga, Usman Laia Bangun Bronjong di Sungai Aramo

KabarSulselIndonesia (Nias Selatan)

Peduli dengan warga, Kades Orahua Uluzoi, Usman Laia, bangun bronjong berkawat di Sungai Aramo sepanjang 20 meter dengan lebar 6 meter dan Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjang 50 meter dan tinggi 3,5 meter.

Hal ini disampaikan Usman Laia kepada Kabar Sulsel Indonesia saat dikonfirmasi lewat pesan WhatsApp nya, Rabu (8/12/2021).

“Ya, kita telah membangun Bronjong jalan dan TPT di Sungai Aramo dengan biaya sendiri (uang pribadi-red) dan dikerjakan bersama warga Desa Orahua Uluzoi, Kecamatan Susua secara gotong royong,” ucap Laia.

Usman menyampaikan, jalan yang dibronjong itu merupakan jalan satu-satunya bagi masyarakat Desa Orahua Uluzoi untuk menjual hasil taninya ke Kabupaten.

“Juga menghubungkan 4 Desa, yaitu Desa Balohao Kecamatan Aramo, Desa Hiliamauzula Kecamatan Aramo, Desa Hiligafoa Kecamatan Aramo dan Desa Hilisawato Kecamatan Aramo, penghubung Desa Orahua Uluzoi Kecamatan Susua ke Kecamatan Lahusa,” pungkasnya.

Ia mengatakan, tujuannya membangun Bronjong jalan di tengah air Aramo itu, supaya masyarakat bisa melewatinya dengan nyaman, sehingga hasil buminya bisa mereka jual di pasar.

“Kalau pembangunan TPT itu dibangun untuk mencegah terjadinya pengikisan pinggir sungai, dan anggarannya diberikan para partisipan,” tukasnya.

Menurut dia, jembatan tersebut pernah dibangun 2 tahun lalu, tapi sudah rusak.

“Makanya saya bangun kembali dengan cara bronjong berkawat,” tutupnya.

(Martaf)

Komentar

Berita Lainnya