oleh

Momentum Peringatan Hari Pahlawan di SMAN 10 Wajo, Kepala UPT H Anwar : Jangan Pernah Lupakan Sejarah

KabarSulselIndonesia (Wajo – Sulawesi Selatan)

OSIS dan MPK SMA Negeri 10 Wajo mengadakan Upacara Hari Pahlawan Nasional yang dirangkaikan dengan Lomba Debat Pahlawan Nasional antar kelas UPT SMAN 10 Wajo untuk mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

Peringatan hari Pahlawan Nasional kali ini mengangkat tema “Pahlawanku Inspirasiku”. Adapun peringatan momentum bersejarah itu dilakukan di lapangan upacara komplek SMA Negeri 10 Wajo, Rabu 10 November 2021.

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala UPT SMAN 10 Wajo H. Anwar N, S.Pd.,M.Pd. Dalam rangkaian upacara terdapat Pembacaan/Pengucapan pesan-pesan Pahlawan. Ada 17 pesan Pahlawan yang dibacakan oleh siswa-siswi SMAN 10 Wajo dengan menirukan gaya bicara para pahlawan secara bergantian.

Ditambahkan, Itu semua tidaklah cukup, ada hal lain yang dapat melengkapi tindakan kita guna menghargai jasa-jasa para pahlawan, yaitu dengan membangun nilai-nilai kepahlawanan seperti semangat pantang menyerah dalam belajar, rela berkorban satu sama lainnya dan menjunjung tinggi rasa solidaritas serta sportivitas kita sebagai siswa-siswi SMA Negeri 10 Kabupaten Wajo. Inilah upaya-upaya yang dapat membangun karakter Siswa-siswi yang tangguh agar bangsa ini sama besar dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Menumbuhkembangkan karakter bangsa yang besar hanya dapat terlaksana bila spirit kepahlawanan telah menyatu dalam jiwa setiap siswa-siswi SMA Negeri 10 Kabupaten Wajo.

“Adapun peringatan hari Pahlawan Nasional ini kita mengangkat tema Pahlawanku Inpisrasiku yang digunakan untuk membentuk karakter siswa dalam cinta kepada para Pahlawan, sebagai seorang siswa yang punya semangat tinggi, mari anandaku semua mengisi kemerdekaan ini dengan cara mematuhi aturan sekolah, belajar dengan baik, hormat dan santun pada guru, orang tua dan masyarakat mengingat pesan pahlawan,” ujarnya.

H Anwar N, S.Pd.,M.Pd mengatakan bahwa, “Selain mengetahui pesan-pesan para pahlawan, kita juga harus memahami perjuangan beliau saat merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Hal ini bertujuan agar generasi penerus bangsa dapat terhindar dari berbagai macam nepotisme yang ada pada saat ini.”

Upacara Hari Pahlawan berlangsung dengan khidmat dan tertib serta tetap mengutamakan protokol kesehatan. Setelah upacara, Lomba Debat Pahlawan segera dilaksanakan. Lomba tersebut berlangsung dalam 3 tahap dengan 9 mosi yang disediakan dan 1 mosi dadakan. Salah satu mosi yang diangkat yaitu Raja Bone Arung Palakka yang diangkat sebagai Pahlawan Nasional.

Lomba Debat Pahlawan berlangsung dengan seru dan menegangkan, dikarenakan selain peserta debat, yel-yel suporter pun ikut dilombakan. Adapun kategori yel-yel suporter yaitu yel-yel terheboh, terkreatif, dan terkompak. Juara Lomba Debat Pahlawan ini didominasi oleh kelas XII.

Hadir dalam upaca tersebut para guru serta seluruh staf SMA Negeri 10 Wajo. (humas SMA 10 Wajo/red)

Komentar

Berita Lainnya