oleh

Kampung Tangguh Ciputat Timur Mampu Tekan Penyebaran Covid-19

KSI| Tangsel – Kampung Tangguh Jaya yang berada diwilayah hukum polsek ciputat timur terbukti mampu menekan penyebaran Covid-19, Kampung Tangguh Jaya Kelurahan Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur.

Dari pantauan awak media, Petugas melaksanakan Kunjungan dan pengecekan keluara masuk para pedagang di kampung tangguh agar mencuci tangan dan sekaligus Menyampaikan Tentang Protokol Kesehatan 4M sesuai anjuran Pemerintah, antaranya Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Menjahui Kerumunan, Selasa (26/01/21).

Kapolsek Ciputat Timur Kompol Endy Mahandika, SH dalam keteranganya, adanya Posko Kampung Tangguh, ketahanan pangan tanaman hidroponik, kolam ikan dan rumah isolasi bagi warga yang terpapar covid 19 bisa menekan penyebaran Covid-19 diwilayah, tegasnya saat dihubungi via cellular.

Kapolsek Juga menegaskan, ada beberapa warga yang berada dikampung tangguh yang positif dan menjalani isolasi mandiri kini sudah membaik dan angkanya draktis menurun pesat, jadi memang terbukti dengan adanya kampung tangguh jaya ini bisa menekan penyebaran Corona Virus, ungkapnya kepada awak media.

Diketahui, Kampung tangguh jaya yang berada di kecamatan Ciputat dan Ciputat timur berdiri Posko Kampung Tangguh, ketahanan pangan tanaman hidroponik, kolam ikan demi menunjang ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Yang uniknya lagi dikampung tangguh ini mempunyai program, tangguh keamanan, tangguh ketahanan pangan, tangguh demokrasi, tangguh edukasi, tangguh jasmani dan rohani.

Makna dari Tangguh keamanan adalah tangguh dalam membangun kamtibmas dari warga sekitar. Tangguh ketahanan pangan yang berarti tangguh menjaga stabilitas ekonomi warga dimana adanya pengembangan usaha mandiri yang dikembangkan masyarakat dari hasil usaha yang bisa dinikmati bersama.

Selanjutnya, tangguh demokrasi yang berarti tangguh menghadapi pilkada serentak tahun lalu, melaksanakan cooling system bertujuan untuk mensosialisasikan pilkada yang aman, damai dan sehat. Sedangkan tangguh edukasi yang berarti kegiatan yang menjadi perhatian khusus dalam membantu program pendidikan masyarakat dimasa pandemi.

Untuk tanggung jasmani dan rohani merupakan kegiatan dengan didirikannya posyandu kesehatan dasar untuk masyarakat dan bekerjasama dengan petugas kesehatan dan didukung oleh Polri dan tenaga kesehatan. Dan juga adanya program tangguh kreatif dimana ada beberapa warga yang bisa mengembangkan usaha mandirinya dengan kreatifitas yang dikuasainya.

Disisi berbeda, Hj. Maimunah Ketua Rw.02 pisangan menuturkan, Rw.02 yang terdiri dari delapan Rt dengan luas 6 Hektar, dengan 900 jiwa yang ada diwilayah tersebut, dimana ada 20 orang yang terpapar positif Covid, dengan terbentuknya kampung tangguh ini kini menurut menjadi 7 orang yang terpapar, tandasnya.

Widya salah satu warga yang pernah terpapar covid mengungkapkan, dirinya terpapar yang kini sembuh mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penyebaran Covid-19, Ungkapnya. (Ria).

Komentar

Berita Lainnya