oleh

Desa Pelang Siaga 24 Jam Awasi Kahutla

KSI KALIMANTAN BARAT – Kabupaten Ketapang akan menghadapi musim kemarau panjang. Menghadapi hal tersebut, Suandi MS sebagai Kepala Desa sungai pelang Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) Kabupaten Ketapang Propinsi Kalimantan Berat menyapaikan ke media KSI Desa Pelang berkerja sama saling bahu membahu dengan aparat dan institusi wilayah setempat.

“Kerjasama antara baik Kapolsek  (Babinkamtibmas), Danramil (Babinsa) serta masyarakat Desa pelang melaksanakan patroli keliling areal hutan gambut dan sekitarnya untuk melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan sejak 19 Februari 2021 sampai saat ini,” ujar Suandi.

Selaku Kepala Desa Sungai Pelang, Suandi menambahkan bahwa patroli yang dilaksanakan tersebut dibagi menjadi 4 regu, dimana setiap harinya bertugas patroli dengan sistem giliran.

Secara terpisah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ketapang, Lauri Kariadi selaku Kasi kedaruratan dan logistik. Bahkan BPBD juga menyampaikan pihaknya akan selalu melakukan patroli dan di wilayah wilayah rawan titik api, seperti di Mata Hilir Utara (MHU) dan mata Hilir Selatan (MHS).

” Patroli kita trus kita tingkatkan dan kita selalu kordinasi ke tingkat Desa. Namun secara kedinasan kita patroli mulai pagi sampai sore mengingat dalam masih status siaga kita berharap dan kita waspadai semoga di tahun ini jangan terjadi,” ujarnya.

Karena wilayah cukup luwas, lanjut Lauri, kita menggunakan Drowon agar selalu bisa kita pantau. “Meski demikian kita bisa aktif namun tidak sampai malam dan apa bila hal ini terjadi tidak menutup kemungkinan bisa kita bentuk posko di saat keadaan darurat,” tandasnya.  (Agt)

Komentar

Berita Lainnya