Danlantamal IX Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 Pengamanan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024

Ambon, Kabarsulsel-Indonesia.com | Sinergitas Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina M.M., M.T., M.Tr.Opsla hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Polda Maluku bertempat di Ruang Rapat Mapolda Maluku, Tantui, Kota Ambon pada Senin (01/04/24).

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 dalam rangka persiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H yang dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Irjen. Pol Lotharia Latif, S.H., M.Hum dan dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Maluku serta instansi terkait lainnya yang bertujuan untuk menyelaraskan persepsi dan tindakan serta upaya-upaya dalam menjaga keamanan dan keselamatan selama periode mudik dan arus balik Lebaran Tahun 2024.

Puncak arus mudik saat musim libur Lebaran tahun ini diprediksi akan terjadi pada tanggal 5-8 April 2024, oleh sebab itu diperlukannya operasi pengamanan guna menciptakan situasi mudik dan arus balik yang kondusif, aman dan lancar. Dalam pelaksanaan operasi pengamanan diperlukan sinergitas dari berbagai bidang dan instansi terkait lainnya. Keterlibatan TNI pada Operasi Ketupat mengacu pada Undang-Undang  Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI yaitu TNI melaksanakan tugas perbantuan pada Polri dalam menjamin keamanan dan ketertiban di masyarakat.

“Ini merupakan hajat bersama sehingga menjadi tanggung jawab semua instansi untuk mengawal kelancaran dan keamanannya “, ujar Brigjen Said Latuconsina. Pihaknya juga menyebutkan guna mendukung jalannya Operasi Ketupat 2024 Lantamal IX akan menerjunkan total 221 orang personel serta dukungan KRI, KAL dan Patkamla baik di Lantamal IX maupun Lanal jajaran seperti Lanal Tual, Lanal Aru dan Lanal Saumlaki. Selain itu, Lantamal IX juga telah menjalin kerjasama dengan PT. PELNI guna meningkatkan pengamanan di wilayah pelabuhan dan angkutan laut untuk mencegah terjadinya penyelundupan maupun kegiatan yang dapat menganggu ketertiban dan keamanan.

Danlantamal IX siap untuk selalu bersinergi dan berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait guna memastikan proses pengamanan berjalan lancar sesuai dengan tugas dan kewenangan TNI Angakatan Laut. Danlantamal IX berharap proses mudik dan arus balik tahun 2024 dapat berjalan lancar serta masyarakat dapat merayakan hari raya Idul Fitri dengan aman dan nyaman.

Komentar