oleh

Bupati Wajo Tinjau Pengerjaan Ruas Jalan Macero-Ujung Kessi

KabarSulselIndonesia (Wajo – Sulsel)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo melalui perangkat dinas terkait tengah memacu pembangunan infrastruktur yang masuk program prioritas pada 2021 ini. Kini yang sudah memasuki pengujung tahun, seluruh pengerjaannya diharapkan bisa selesai tepat waktu.

Memastikan hal tersebut, Bupati Wajo, Amran Mahmud, turun langsung meninjau. Selasa (30/11/2021), Amran Mahmud mengunjungi ruas jalan Macero-Ujung Kessi/Belawa-Tanasitolo yang sedang dalam proses pengerjaan.

Untuk Macero-Ujung Kessi tengah dilakukan peningkatan ruas jalan beton dengan volume 2.600 meter x 5 meter dan menelan anggaran Rp16,59 miliar. Amran Mahmud berharap pelaksanaan pembangunan jalan ini bisa selesai tepat waktu sesuai kontrak.

“Kita berharap agar ini bisa segera dinikmati masyarakat. Apalagi tinggal tersisa satu bulan untuk masa pengerjaannya,” kata Amran Mahmud.

Amran Mahmud mengatakan, dengan dibangunnya ruas Macero-Ujung Kessi yang menghubungkan Kecamatan Belawa dan Kecamatan Tanasitolo, diharapkan ekonomi masyarakat bisa terdongkrak.

“Tentu dengan peningkatan ruas jalan ini, harga jual produksi pertanian masyarakat akan naik. Ini memang menjadi komitmen kami untuk membangun infrastruktur, salah satunya ruas ini,” kata Amran Mahmud.

Jika tidak ada halangan, kata Amran Mahmud, jembatan gantung Soreang Lopi yang jadi akses Tanasitolo-Belawa akan diganti dengan jembatan beton. Rencananya akan dikerjakan pada 2022 nanti.

“Kita sudah anggarkan Rp14,5 miliar untuk jembatan beton tersebut. Ketika ini selesai dibangun, maka kendaraan roda empat bisa melintas sehingga bisa mengurangi jarak tempuh dan waktu tempuh masyarakat Tanasitolo jika mau ke Belawa. Begitu juga masyarakat Belawa yang ingin ke Tanasitolo bahkan ke Kota Sengkang,” tutur Amran Mahmud.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Wajo, Andi Pameneri, mengatakan peningkatan jalan beton ruas Macero-Ujung Kessi merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo.

Pengerjaannya, kata dia, dilakukan dengan penanganan secara bertahap. Pada 2020 lalu, Pemkab Wajo melalui dana transfer provinsi juga telah mengerjakan sebagian ruas Lajokka-Ujung Kessi.

“Ini sebenarnya kegiatan di APBD Pokok, tapi baru dikerja sekarang karena menunggu surut airnya,” ucap Andi Pameneri.

Setelah meninjau pengerjaan ruas Macero-Ujung Kessi, Amran Mahmud didampingi Andi Pameneri melanjutkan meninjau beberapa ruas jalan di Kecamatan Belawa yang telah selesai dilakukan pemeliharaan melalui anggaran swakelola Dinas PUPRP Wajo 2021.(hms)

Komentar

Berita Lainnya