oleh

BPJS Ketenagakerjaan Balikpapan Sosialisasi ke Warga KKT Jeneponto Pilar KKSS Balikpapan

KabarSulSelIndonesia.com – Balikpapan

Pekerja bukan penerima upah adalah pekerja yang melakukan kegiatan usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan dari kegiatan atau usahanya tersebut yang meliputi, pemberi kerja, pekerja diluar hubungan kerja atau pekerja mandiri seperti tukang ojek, sopir angkot, pedagang keliling.

Zubair mengatakan bahwa manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan ada 3 antara lain *Jaminan Kematian* meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja, berupa santunan beasiswa untuk 2 orang anak peserta yg sudah ikut selama 3 tahun, selanjutnya Jaminan Hari Tua ( JHT) adalah manfaat uang tunai sekaligus yang di berikan ketika peserta mencapai usia 56 Tahun, cacat total, meninggal dunia, PHK, dan manfaat jaminan Hari Tua yaitu besarnya manfaat JHT adalah sebesar nilai akumulasi seluruh iuran yang telah di setor ditambah hasil pengembangannya yang tercatat dalam rekening perorangan peserta.

Sedangkan Jaminan Kecelakaan Kerja adalah merupakan perlindungan dari resiko kecelakaan kerja yang dapat dialami oleh pekerja pada saat bekerja. Manfaat yg diberikan berupa uang tunai dan atau pelayanan kesehatan, pada saat peserta mengalami kecelakaan kerja, dimulai saat perjalanan dari rumah menuju sampai kerja sampai kembali kerumahnya atau penyakit yang di sebabkan oleh lingkungan kerja. Selanjutnya cara mendaftar BPJS ketenagakerjaan untuk menjadi peserta bisa secara Online dan melalui kantor BPJS Ketenagakerjaan Balikpapan

Lanjut Muh Ruslan ketua BPD KKT JENEPONTO PILAR KKSS BALIKPAPAN, mengatakan bahwa program BPJS ketenagakerjaan sangat baik dan terjangkau bagi warga Jeneponto yg berpenghasilan rendah baik sebagai sopir angkot, sopir Travel dan buruh harian cuma 17.000 /bulan untuk mengcover dua manfaat yaitu jaminan Kematian dan Jaminan kecelakaan kerja , Semoga seluruh warga Jeneponto yg berdomisili di Balikpapan dapat mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan yg sifatnya mandiri sebagai antisipasi untuk menjamin kelangsungan hidup keluarganya jika terjadi insiden yg tidak akan pernah kita duga sebelumnya. Karena akan mendapatkannya santunan kematian, santunan berkala, biaya pemakaman dan beasiswa untuk 2 orang Anak. Pada kesempatan yg sama Erlan Estu Batara sebagai ketua BPW KKT Jeneponto Pilar KKSS KALTIM memberikan support dan motivasi kepada seluruh peserta yg hadir pada saat sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Di Kec. Balikpapan Timur rumah Syamsuddin Dg Ngancu, berupa pembayaran iuran pertama kepada seluruh warga yg hadir pada saat Sosialisasi dilaksanakan.

Hal ini sebagai rasa kepedulian dan jiwa sosial yg di miliki oleh ketua BPW KKT Jeneponto Pilar KKSS KALTIM kepada warga Jeneponto di perantauan ungkap Dg Jamil yg hadir pada saat sosialisasi.

Kegiatan Sosialisasi seperti ini akan dilaksanakan dibeberapa Kecamatan yg ada di Balikpapan, kita mulai dari Kecamatan Balikpapan Timur dan akan segera dilaksanakan kesepakatan perjanjian Kerjasama antara BPD KKT Jeneponto Pilar KKSS Balikpapan dan BPJS Ketenagakerjaan Balikpapan , kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Hamiruddin Mile Sebagai Bendahara , Azis M Humas dan warga Jeneponto yg berdomisili di Manggar dan sekitarnya Sekitar 30 Orang, imbau Samiruddin sebagai Pembina

(BIRO Kaltim Rusdan)

Komentar

Berita Lainnya