oleh

Antusias Warga Dusun Watran Menyambut Kedatangan Kontingen Pesparani Maluku dari Tanimbar

Tual, Kabarsulsel-indonesia.com – Masyarakat Dusun Watran sangat antusias sekali ketika menyambut kehadiran rombongan kontingen Pesparani di gerbang masuk Desa tersebut. Ribuan warga berbondong bondong memadati jalan untuk memberikan penyambutan yang istimewa bagi masyarakat duanlolat tersebut.
Kesabaran masyarakat memblukdak saat rombongan kontingen tiba di Gerbang masuk Desa dengan fasilitas kendaraan Pemerintah Daerah. Suntuk, warga mulai mengerumuni jalan dan memviralkan kehadiran kontingen. Satu per satu warga mulai mengangkat Handphone lalu merekam dan memotret momen langka ini.

Acara upacara penyambutan pun baru dimulai sekitar pukul 17:50 WIT.
Tampak,rombongan kontingen yang berada dibawah pimpinan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Tanimbar Ir. Alo Batkormbawa dan Pastor Sandro Kafroli, Pastor Angki Kelbulan dan Rudy Lethulur sebagai ekretaris kontingen wilayah setempat dan Rombongan kemudian mengikuti ritual adat dari tokoh adat dan tokoh agama setempat sebelum melangkah masuk ke Dusun Watran.
Sejumlah tari-tarian turut dipentaskan dalam menyambut kehadiran rombongan kontingen di sepanjang perjalanan dari arah Pelabuhan Yos Sudarso Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual menuju ke Dusun Watran.

Uniknya karna warga masyarakat muslim maupun katolik Dusun Watran yang telah lama menanti kehadiran kontingen asal negeri duanloalat ini sangat antusias memberikan sambutan yang luar biasa dengan berbagai kesiapan diantaranya penyambutan, arak-arakan, pentasan tari-tarian, dekorasi lingkungan Dusun, Gereja dan Mesjid serta kesiapan konsumsi dan tempat tinggal tamu. “Bebernya.

Hal itu sangat jelas untuk membuktikan bahwa Kota Tual lebih khusus Dusun Watran merupakan salah satu Dusun yang menjadi corong kehidupan toleransi antar umat beragama. Itulah sebabnya mengapa Dusun Watran dipilih sebagai salah satu Dusun untuk menerima tamu Pesparani di wilayah yang dujuluki Bumi Maren itu sebangai wujud penghormatan terhadap Tuhan dan leluhur.

Pemerintah Dusun yang dalam hal ini dewan atau tokoh adat selanjutnya mengatar seluruh kontingen KKT untuk bersama-sama memohon keselamatan dan pelidungan yang berpusat di Woma El`Vatyar Watran.
Kepala Dusun Watran Mardia S. Badmas S.E saat diwawancarai media ini disela-sela penyambutan kedatangan peserta Pesparani asal kabupaten kepulauan Tanimbar (KKT) mengatakan merasa sangat antusias dan bergembira atas kehadiran kontingen di Ohoinya itu.
Menurutnya, Pemerintah Kota Tual telah mempercayakan pihaknya untuk menerima kontingen Pesparani Provinsi Maluku keempat yang asal dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang kurang lebih berjumlah 171 orang.
“Jadi sebagai tuan rumah yang telah menerima kontingen sudah tentunya kami telah menyiapkan tempat nginap yang kurang lebih berjumlah seratusan untuk memenuhi kebutuhan untuk para kontingen.
“Ucapnya”

Untuk itu kami mengharapkan juga perhatian dari Pemerintah Kota Tual untuk bekerjasama dalam hal kehadiran mereka (kontingen) selama beberapa hari kedepan ini. Kiranya kita dapat menjamu mereka dengan baik (makan minumnnya) maupun aktifitas agar kelancaran mereka dalam melaksanakan Pesparani ini. (dalam mengikuti lomba) ini agar mereka bisa menerima pelayanan terbaik dari Pemerintah Kota Tual.” terang Badmas, semangat bahkan juga ceria dan yang pasti kami umat katolik dan umat muslim yang ada di kampung ini sangat antusias dan bergembira. “Ceria Badmas”

Kami sangat bangga sekali untuk pelaksanaan kegiatan Pesparani ke lV tingkat propinsi Maluku yang telah di laksanakan di kota Tual ini,dan sudah tentunya semua dapat berjalan aman dan lancar, untuk itu dengan kesepakatan kami bersama untuk terima tamu dari kab Kep Tanimbar, akhirnya dari tiga golongan tersebut berkesepakatan untuk menyiapkan rumah dll untuk menerima kontingen pesparani sekaligus turut mendukung untuk memperlancar semua kegiatan selama berjalan, tambahnya.
khususnya kami Watran kami sudah sepakat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada kontingen dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang berada di kampung kami.”Tuturnya”

Pertama-tama saya selaku kepala dusun watran ucapkan apresiasi dan bangga kepada masyarakat saya yang berjumlah kurang lebih 1000 orang dan mereka sangat menyambut antusias kehadiran kontingen dari KKT yang mana kami sudah dari jauh-jauh hari telah menyiapkan segala galanya sebelum kehadiran kontingen jadi harapan saya kepada masyarakat mari kita sama sama menjaga keamanan dan ketertiban dan kita ciptakan kenyamanan untuk kehadiran kontingen yang jauh-jauh dari KKT kesini,semoga selama mereka berada disini mereka nyaman dan senang di kampung kita lalu mengikuti rangkaian kegiatan Pesparani ini dengan baik. “Beber Badmas”

Jadi kebersamaan masyarakat disini alhamdulilah puji Tuhan bahwa islam dan kristen kita di Watran sampai detik hari ini kami masih tetap bahu-membahu dalam rangkah menyambut semua kegiatan maupun hal-hal yang masuk di Kampung kami dan Buktinya sudah bapak-bapk dan ade-ade lihat sendiri antusias warga seperti yang telah saya sampaikan.”Tutup.

(KSI_tl02)

Komentar

Berita Lainnya